Lesung Antik Barang Peninggalan Bersejarah

Lesung merupakan alat penumbuk padi yang digunakan manusia khususnya di wilayah indonesia, waktu itu tekhnologi untuk mengupas padi masih sangat primitif karena memang belum ada mesin penggerak yang bisa digunakan utnuk menumbuk padi seperti sekarang ini. lesung biasanya dibuat dari bahan baku kayu yang tentunya bukan sembarang kayu, kayu tersebut harus merupakan jenis kayu keras dan tahan pukul. Dengan menggunakan tongkat atau sering orang kebumen sebut Alu digunakan memukul padi yang disusun di atal lesung kayu berlubang.
Dijaman sekarang yang sudah serba mesin keberadaan lesung sudah sangat jarang sekali , karena memang sudang ketinggalan sekali dan bagi orang jaman sekarang lesung hanya digunakan sebagai wahan hiburan seni kotekan seperti yang ada di sebuah kota di jawa tengan sebut saja Kota Kebumen dimana masi ditemukan sisa peninggalan bersejarah Lesung kuna ini. kesenian kotekan biasanya sering digelar dikota tersebut yang bertujuan untuk nguru uri atau melestarikan kebudayaan lokal indonesaia. Beriku akan bisa dilihat Lesung jemblung yang kemungkina sudah berusia ratusan tahun.



Lesung ini diperkirakan sudah berumur ratusan tahun, terbuat dari kayu Laban tua yang usianya sudah ratusan tahun, berat kayu ini mencapai 500 kg lebih. Kayu laban merupakan kayu yang langka dan terkenal akan keras dan berserat sangat halus. masih nampak tongkat alu yang terbuat dari kayu kelapa. Suara yang dihasilkan dari dentung lesung ini sangat nyaring dengan beberapa tingkatan nada yang bisa dijadikan iringan lagu jawa yang biasanya di mainkan oleh para sesepuh yang ada di lingkungan desa wonorejo kecamatan karanganyar kebumen jawatengah ini. Biasanya setiap menjelang bulan romadhon lesung ini sering di mainkan oleh para seepuh untuk menyambut datangnya bulan suci. dengan irama khasnya kotekan khas desa wonorejo ini bisa didengar hingga 5 kilometer karena memang suaranya sangat keras berdentung khas. 
Lesung ini sudah berpindah pindah dari keluarga secara turun menurun, setelah saya telusuri lesung ini diwariskan dari nenek neneknya ayang dari orang yang saat ini memiliki lesung ini. Ini merupakan benda yang sangat bersejarah dan memiliki nilai historis dalam perjalanan kebudayaan daerah di indonesia. Pernah dulu ada beberapa pihak yang hendak membeli lesung bersejarah ini namun oleh empunya masih dipertahankan karena merupakn warisan leluhur yang mestinya harus dia rawat dan menjaganya. 
Lesung tua lesung antik yang memiliki histori unik dan memiliki citra budaya daerah kota kebumen beriman. 

Berita Lain